Jumat, 22 Maret 2019

Review : KIA Sportage Facelift, Otomotif Tempo

KIA Sportage baru mendapat ubahan facelift yang tidak identik dengan eksterior. Untuk seluruh varian model New KIA Sportage kini mendapatkan desain fog lamp baru yang memanjang horizontal, berbeda dengan versi sebelumnya dan berukuran kecil secara vertikal, desain gril baru bernuansa gril lubang hitam menggantikan model horizontal. pola garis. Pelek baru berukuran 17 dan 18 inci dengan desain lebih elegan melengkapi perubahan pada Kia Sportage, Otomotif Tempo.

Bagian belakang tidak banyak mengalami perubahan, kecuali kombinasi lampu dengan desain berbeda, desainnya mengikuti gaya model BMW dengan garis-garis menyerupai LED saat lampu menyala. Perubahan paling signifikan pada New KIA Sportage facelift adalah kap belakang yang mendapat mesin baru. Mesinnya kini menggunakan mesin Nu, 2.0L, D-CVVT menggantikan mesin Theta II meski sama-sama bersilinder 2.000 cc, 4 silinder segaris.

Meski tergolong baru, namun tenaganya berkurang dari 166 PS menjadi 158 PS karena torsi puncak berpindah dari putaran atas ke bawah, sehingga torsi maksimal hanya bisa dicapai pada 4.000 rpm, sebelumnya dibutuhkan 4.600 rpm untuk mencapai maksimal. torsi. Meski terjadi pengurangan tenaga sebesar 8 PS, KIA mengklaim akselerasi 0 hingga 100km/jam lebih cepat karena bermain di putaran lebih rendah. Konsumsi bahan bakarnya 12% lebih baik termasuk emisi gas buang lebih rendah dibandingkan mesin sebelumnya.

Memasuki varian teratas KIA Sportage, khususnya varian Platinum, kita disuguhkan dengan perpaduan interior abu-abu dan putih yang sangat senyap. Garis mewah pada desain interiornya lebih menonjol dibandingkan varian LX dan EX berwarna hitam. Pada varian Platinum, Kia Sportage terbaru dibekali AC digital dengan mode zona ganda dan pengatur suhu. Dan untuk varian LX dan EX, pengaturan AC sudah dilengkapi tombol analog namun sudah ada pengatur suhu.

Varian Platinum juga memiliki tombol steering control di kiri dan tombol cruise control di kanan kemudi. Peleknya dibalut dengan bahan kulit yang sangat nyaman untuk disentuh, meski tampilan speedometernya tidak terlalu bagus, namun menurut kami mampu memberikan informasi yang jelas dengan sangat baik. Jok pengemudi pada varian EX dan Platinum dilengkapi dengan 8 jok elektrik layaknya mobil mewah, dan duduk di jok mobil sangat nyaman. Jahitan jok berbahan kulit juga terlihat lebih cerah dibandingkan varian LE yang menggunakan warna hitam.

Kini model KIA Sportage memiliki kursi penumpang belakang yang dapat direbahkan sehingga penumpang belakang dapat dengan mudah mengatur posisi duduk sesuai keinginannya. Varian khusus Platinum, SUV kecil besutan KIA ini memiliki monitor head rest yang dilengkapi tombol mirip iPad. Menariknya, dibandingkan mobil KIA lainnya, headrest ini tidak mengurangi kenyamanan pengemudi depan.

Bagasinya masih diperbaiki, tidak bertambah, namun varian Platinum sudah memiliki subwoofer yang tertata rapi terletak di belakang tanpa harus mengurangi ruang bagasi. Fitur yang dimiliki mobil ini cukup lengkap untuk mobil SUV sekelasnya, mobil ini memiliki sunroof lebar yang dapat dibuka terpisah pada bagian depan dan belakang.

Kia Sportage dilengkapi dengan Electronic Stability Control (ESC) dan Hill Descent Control. Tak hanya itu, karena Kia Sportage juga dilengkapi dengan Downhill Brake Control yang berfungsi mencegah kendaraan melaju di tanjakan, ada juga tipe Platinum Cruise Control. Seluruh varian Kia Sportage kini mendapatkan head unit canggih yang mampu memutar DVD, Bluetooth, USB, AUX dan lengkap dengan konektivitas internet untuk varian teratas. Model KIA Sportage Platinum juga memiliki kamera kaca spion.

Tautan : kia medan